Cara merubah Warna Background Pas Foto dengan Photoshop [Cara 1]


Salam jempol,

Baiklah sobat blogger semua, pada tutorial kali ini kita akan bahas tentang bagaimana cara mengganti warna background pada sebuah foto. Sekarang siapkan dulu foto yang akan kita ganti warna bakground-nya, jika sudah “ready” maka kita langsung aja ke tutorialnya.

Pertama tentunya buka dulu aplikasi photoshopnya, disini saya menggunakan photoshop CS 4. Kemudian buka foto yang sudah dipersiapkan tadi.




Setelah itu kita rubah layer bakground foto tersebut menjad” layer 0” dengan cara klik kanan pada layer background kemudian pilih “Layer From Background”, jika ada pesan keluar pilih saja Ok.




Setelah background berubah menjadi layer, maka selanjutnya kita akan mengolah untuk merubah warna background foto tersebut, dengan klik menu “Select – Color Range” kemudian klik pada ikon “add to sample” atau yang bertanda “+” di samping contoh gambar, kemudian klik warna merah pada background foto asli hingga warna pada sample berubah menjadi putih

Tips : jangan sampai meng-klik wajah, cukup klik warna merah pada background foto aslinya.




Setelah kita klik ok, maka foto akan terseleksi pada bagian warna background, selanjutnya tekan “delete” maka background foto akan berubah menjadi seperti gambar dibawah,

Tips : Untuk menghilangkan seleksi tekan “Ctrl + D”.



Kemudian tambahkan layer baru dengan meng-klik ikon “create a new layer” pada bagian bawah komponen layer, selanjutnya posisikan layer baru dibawah posisi layer foto.

Tips : untuk memindahkan layer cukup dengan melakukan drag (klik tahan tarik) pada foto yang akan dipindahkan



Pastikan posisi “layer 1” sedang aktif kemudian pilih “Paint Bucket Tool” atau tekan “G” dan pilih warna pada pallet “swathces” misalnya warna biru, lalu klik pada background foto dilembar kerja kita.




Jika langkah diatas telah dilakukan dengan benar dan sesuai urutannya, maka hasil pengolahan kita pada background foto akan terlihat seperti gambar dibawah ini,


Untuk hasil maksimal silahkan merapikan bagian tepi pada foto dari sisa-sisa warna dari background sebelumnya, dengan menggunakan “erase tool”. Kekurangan editing warna background menggunakan cara ini adalah masih adanya sisa warna dari background sebelumnya, disarankan untuk menggunakan “Polygonal Lasso Tool” untuk melakukan seleksi saat menghilangkan warna background awal, karena dijamin lebih rapi, namun jika menggunakan metode ini kita diharuskan lebih teliti saat melakukan seleksi. Baca Juga Kata-kata Bijak Anak Design Grafis.

Untuk metode yang selanjutnya sedang dalam proses, semoga bermanfat.
Previous
Next Post »
Terima kasih telah Berkomentar