Cara Mencetak Pas Foto Sesuai Ukuran Menggunakan Photoshop

Salam Jempol,

Semoga semua teman-teman baik di dunia nyata maupun didunia maya selalu dalam keberkahan waktu, karena kita masih diberikan kesempatan untuk menghirup nafas dan melepaskannya. Berarti kita masih hidup kan. Hehehe.

Baiklah, pada tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana cara mencetak pas foto sesuai dengan ukuran yang kita tentukan sebelumnya, atau istilahnya cetak foto “custom” gitu. Untuk ukuran cetak pas foto biasanya yang kita kenal  misalnya, (2 x 3) – (3 x 4) – (4 x 6) dll.




Sekaran langsung saja ke tekape, berikut langkah-langkahnya :

 1  Buka aplikasi photoshop, disini saya menggunakan photoshop CS3, kemudian buat file baru dengan ukuran pencetakan pas foto yang akan kita cetak. Misalnya 3 x 4, seperti gambar dibawah ini,

Tips : ini dilakukan untuk menentukan agar peletakannya sesuai dengan keinginan, namun kelemahannya adalah prosesnya agak sedikit lama dari cara lainnya, namun langkah ini akan menghasilkan ukuran cetak foto dengan ukuran yang bener-bener pas.


 2  Kemudian pilih menu “File – Place” lalu masukkan gambar yang awalnya sudah kita siapkan dan letakkan seperti pada gambar dibawah ini,




 3  selanjutnya pilih menu “Layer – Flatten Image” ini berguna untuk menyatukan semua layer menjadi satu layer, langkah ini dilanjutkan dengan membuat lembar kerja baru dengan ukuran kertas untuk mencetak pas foto, biasanya yang beredar dipasaran kertas foto glossy dengan ukuran “A4” berarti disini kita buat ukuran lembar kerja dengan “A4”, caranya pilih pada preset “International Paper” kemudian size pilih “A4”




 4  langkah selanjutnya tarik gambar (drag)  yang sudah kita Flatten Image sebelumnya kedalam lembar kerja yang baru saja kita buat dengan ukuran “A4” ini dengan menggunakan “Move Tool” dan sesuai posisi pas fotonya.




 5  kemudian gandakan pas foto sesuai dengan berapa jumlah pas foto tersebut akan kita cetak, misalnya 5 lembar, cara menggandakan pas foto tersebut yaitu dengan menekan “Ctrl + J” maka pada layer akan foto tersebut akan digandakan, seperti pada gambar dibawah ini,




 6  Langkah terakhir tinggal melakukan pencetakan jangan lupa untuk mengatur jenis kertas yang digunakan pada printer properties.

Mungkin cukup sekian tutorial tentang bagaimana mencetak pas foto menggunakan photoshop cs3, jika ada langkah-langkah penjelasan yang kurang mengerti atau memberikan masukan silahkan isikan pada kolom komentar dibawah, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
12 April 2016 at 03:45 ×

:-bd
Mantap

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Terima kasih telah Berkomentar